Senin, 11 Agustus 2008

Ayo, Intip Vagina Anda ;p

Ini post saya di blog FS, setahun lalu kali ya?
dan lumayan berguna saja kalo lebih banyak yang baca..
Minggu lalu saya ikut seminar tentang Ca Serviks di kampus. dari dua bulan yang lalu, pertama kalinya saya liihat ada poster ‘metacercaria’ di sebelah lift saya udah berniat buat ikut acara ini..
Trus, ada artikel mading yang bener2 bikin saya penasaran
Judulnya “telah ditemukan vaksin untuk kanker serviks..”
Tapi, karena artikel ini di ambil dari kompas, jadinya kurang ada informasi mendetail dari apa sebenernya GARDASIL (nama beken HPV vaccine) ini. Padahal saya ingin sekali tau tentang apa sih gardasil itu, gimana sih cara kerjanya, brapa harganya, dimana kita bisa dapetin vaksin ini?
So, semakin bulatlah tekad saya untuk ikut seminar tadi…
Yuukk, kita bagi-bagi informasi…

Teman, tau g kalo ca serviks itu nyumbang andil 24 % dari total keganasan yang dijumpai pada wanita? Dan di negara kita, diperkirakan muncul 41 kasus baru kanker serviks, dan 21 wanita meninggal tiap harinya.. Hii, serem yaa…
Saya sih tak berminat buat nulis statistik, saia benci angka-angka, yang di atas buat dramatisir aja, hehehhee… tapi tetep kan acuan kita itu ya dari statistik..
Ok, dari seminar (dan informasi) yang saya dapet, banyak hal yang perlu kita ketahui tenang Ca cervix ini…
Dimulai dari :


Hai, hai… Apa sih kanker serviks ituu..????
Hmmm, kanker serviks adalah keganasan yang muncul di area serviks (leher rahim yang menghubungkan rahim dengan vagina..)
Apa sih penyebabnya..???
Pada dasarnya penyebab kanker ini belum jelas, tapi ada beberapa factor yang diduga berkaitan erat dengan kanker ini, yaitu :
Hubungan seksual pertama di usia muda (hmmmm,,,,)
Pasangan seksual lebih dari satu (multiple)
Infeksi virus HPV
Soseko yang rendah
Rokok (lets say, “Rokok..?? soooo old times!!”)
Nah, dari faktor-faktor diatas, menurut penelitian, 95% dari kanker serviks disebabkan oleh infeksi dari HPV (Human Papillomavirus)
Lanjut ya.., Apa sih sebenernya HPV itu..??HPV (human papillomavirus atau virus papiloma pada manusia) adalah nama yang diberikan kepada sekelompok virus yang dapat menyebabkan kutil di kulit, di alat kelamin dan beberapa jenis kanker. Infeksi HPV biasanya tidak dibarengi gejala-gejala.
Untuk virus HPV sendiri ada beberapa macam ya, dan yang dapat menyebabkan lesi pra kanker adalah HPV 16 dan 18.
Gimana sih penyebaran virus ini..??
HPV dapat ditularkan selama hubungan seks dan sentuhan antara kulit kelamin dengan seseorang yang mengidap virus itu. Virus itu masuk ke tubuh lewat pecahan-pecahan sangat kecil di kulit. HPV tidak tersebar melalui darah atau cairan tubuh lainnya. Kondom hanya melindungi sedikit saja, karena kondom tidak menutupi seluruh kulit kelamin.
Apa sih gejalanya kalo kita mengidap kanker serviks..???Seperti yang udah dijelaskan diatas, virus HPV ini tidak menimbulkan gejala2, apa lagi kalo baru infeksi tahap dini..
Tapi ini ada beberapa hal yang harus diwaspadai oleh para wanita (cieee…)
Dini : - perpanjangan masa haid
- keputihan ringan terus menerus
- perdarahan pervaginam intermenstrual
- perdarahan sesudah senggama
Lanjut: - pengeluaran lender pervaginam
- nyeri pinggang, yang menjalar ke paha
- penurunan berat badan
Gimana caranya mendeteksi kanker serviks..??
Mau yang murah atau yang mahal..?? hehehhee,
1.Pap Smear
2.IVA (inspeksi visual dengan as. Asetat = Intip Vagina Anda)
kedua metode yang saia sebutkan ini bisa di digunakan untuk deteksi dini kanker serviks
Pengobatannya gimana..???
Semua pengobatan untuk keganasan (semua penyakit deh keknya..) bergantung pada tingkatan stadium pada saat dijumpai adanya keganasan tersebut.
Klasifikasi kliniknya :
Stadium 0 = karsinoma in situ
Stadium 1 = masih tebatas bada serviks
Stadium 2 = udah kena di parametrium/vagina (1/3 bag vagina)
Stadium 3 = udah kena dinding pelvis (1/3 bag bawah vagina)
Stadium 4 = infiltrasi ke kandung kemih, rectum, keluar pelvis
Pengobatannya sendiri terdiri dari (opinion yaa..???)
pembedahan
radiasi
kemoterapi
Lalu, ada g sih cara untuk mencegah penyakit ini..??
Saat ini, kanker serviks dapat dicegah dengan vaksin HPV. Vaksin ini dapat melindungi serangan beberapa jenis HPV, khususnya yang dapat menyebabkan masalah dan komplikasi termasuk kanker serviks dan kutil kelamin (genital warts)
Apa sih vaksin HPV itu..??Vaksin HPV itu adalah vaksin yang mengandung ragi, aluminium adjuvant, sodium chloride, L-histidine, polysorbate dan sodium borate. Bahan-bahan ini dimasukkan ke dalam vaksin dalam jumlah yang sangat kecil untuk membantu vaksin itu bekerja atau sebagai bahan pengawet. Tidak ada virus ‘hidup’.
Berapa besar dosis yang diperlukan dan berapa lama vaksin ini dapat ampuh?
Vaksin HPV diberikan dalam bentuk tiga suntikan di otot lengan atas. Biasanya diberikan dalam jangka enam bulan. Untuk memperoleh perlindungan yang terbaik terhadap virus itu, penting sekali ketiga vaksinasi itu diberikan dalam jangka waktu 12 bulan. Perlindungan setelah vaksinasi lengkap (3 kali) terhadap HPV lamanya paling sedikit 5 tahun. Pada saat ini belum diketahui apakah suntikan tambahan akan diperlukan.
Apa efek sampingan dari vaksinasi HPV?
Vaksin HPV biasanya diterima baik oleh tubuh. Efek sampingan vaksinasi HPV ringan dan biasanya berupa rasa sakit, bengkak dan warna merah di tempat suntikan. Efek
sampingan yang serius sangat jarang.Meletakkan kain basah yang dingin di tempat suntikan dapat mengurangi rasa kurang enak. Paracetamol (obat penangkal nyeri) dapat dipakai untuk menurunkan demam atau mengurangi rasa kurang enak badan. Jika demam terus saja atau ada reaksi yang anda anggap serius atau tidak terduga, mintalah nasihat dokter.
Siapa saja yang boleh menggunakan vaksin ini..???
Well, saia tekankan (sotoy g sih gw.??) kalo yang namanya vaksin itu bukan obat!! Bukan salah satu cara untuk mengobati suatu penyakit. Jadi pada dasarnya siapapun bisa mendapatkan dan menggunakan vaksin ini. Namun, sama aja boong kalo orang yang di vaksin itu udah kena infeksi HPV. Makanya, vaksin ini bakalan sangat manjur kalo di berika pada usia remaja (CATET!!! Yang belum pernah melakukan sexual intercourse ya..??), bagi yang udah menikah & “kawin” disarankan untuk me-“intip vagina anda” atau melakukan pap smear terlebih dahulu..
Harganya,harganya..???
Heheheheee, untuk paten vaksin ini dipegang oleh PT Merck ya, sekali suntik sekitar 1,3 juta gitu.. untuk 3 kali suntik jadinya 4 jutaan deh. Yukk kalkulasi yuukk, 4 juta ini bakal melindungi kita at least 5 tahun, per tahunnya kita bayar 800ribu, lumayan murah ya? itung lagi yuukk, kalo perbulannya bakal lebbiih murah lagi tuh, Cuma 67ribu..!!! murah kan?
Tapi ya itu sih, kembali lagi pada tiap personnya..
Dipikir2 dulu aja, kalo dalam 5 tahun belum mau nikah & kawin, percuma juga.. mending tunggu entar deket2 nikah.. harganya juga pasti udah turun, hehheheee

Worry not lah, perjalanan penyakit ini tuh lama, dari infeksi, lesi pra kanker itu terjasinya antara 3-17 tahun, jadi dengan anjuran pap smear yang 6 bulan sekali itu akan dengan amat sangat membantu kita untuk mendiagnosa dini apa bila terjadi hal2 yang tidak kita inginkan…
Yang penting
JANGAN DITUNDA!!!!!
Ok2..?? yuk bilang ke mama, tante, kaka cewe kita.. lindungi diri sedini mungkin

Tidak ada komentar: