Minggu, 18 April 2010

Apa ini? Apa itu??


Halo apa kabar?
Saya kembali lagi setelah 1 bulan posting blog Cuma asal-asalan. Well, sebenernya blog saya ini juga cuma sekedar tempat untuk share aja. Tempat dimana saya (sedikit) mencurahkan perasaan dan pikiran yang ada di otak saya.
Jadi yaa, tidak ada kewajiban untuk sering-sering up date macam blog-blog lain yang banyak pembacanya, yang punya sederet iklan.

Apa yang mau saya ceritakan kali ini adalah tentang ujian saya kemarin. Pengalaman belajarnya, kejadian ujiannya dan penjelasan mengenai apa itu SOCA sebenernya…

Saya adalah seorang mahasiswa salah satu universitas swasta yang berada di daerah Jakarta Barat (grogol tepatnya) dengan inisial T. Hahahhaaa, ketahuan bangetkan yah? Yah, begitulah. Tepatnya saya kuliah di fakultas Kedokteran. Nah, di fakultas saya ini system perkuliahannya agak berbeda dengan fakultas lain, bahkan dengan sesama fakultas kedokteran yang lain, walaupun sudah mengadopsi system PBL. PBL atau Problem Based Learning adalah suatu metode baru dalam kegiatan pengajaran di fakultas kedokteran. Nah, khusus di universitas saya disebutnya system modul. Yang lain ada juga yang menamai system blok. Sebenarnya intinya sama saja, kuliah kedokteran yang terkenal laaaammmaaaaa (harus dipanjangkan jg kata ‘lama’nya biar terlihat dramatis =)) agak dipersingkat dengan mengurangi mata kuliah yang kurang begitu menunjang, memadatkan dan menggabungkan mata kuliah yang saling berhubungan, juga menitik beratkan pengajaran dengan dasar penyelesaian masalah atau kasus.
Kegiatan pengajaran dikampus saya dibagi menjadi 10 modul pengantar dan 20 modul organ. Dimana tiap-tiap modul ini akan diberikan waktu 8-15x waktu untuk mendiskusikan masala-masalah yang diberikan oleh pengajar. Setelah program ‘kuliah duduk dikelas dan diskusi/tutorial berjam-jam’ ini selesai a.k.a 30 modul, mahasiswa akan menghadapi suatu ujian teori yang akan dilangsungkan secara lisan di depan 2 penguji. Nama ujian ini adalah SOCA (student oral case analysis). Nah, disini bedanya kampus saya dengan kampus lain, kampus lain mengadakan SOCA ada yang tiap akhir semester, ataupun tiap 2 semester. Ada yang merupakan suatu standart kelulusan, ada juga yang hanya seperti ujian akhir.
Ok, saya bahasnya khusus di kampus saya saja yah? Jadi, bagi para mahasiswa yang sudah menyelesaikan 30 modul baru diperbolehkan mengambil ujian SOCA ini. Angkatan saya kemarin sekitar 120 mahasiswa. Briefing pertama, 1.5 bulan sebelum tanggal ujian kami diberikan 10 kasus yang akan diujikan nantinya (trauma kepala, katarak, luka bakar, hipertiroid, leukemia, gagal jantung, gout, OMSK, leptospirosis, dan defisiensi vit. A). Ok, 1.5 bulan sebelum hari H ini kita masih ikut kuliah yah, masih ribet diskusi, presentasi kasus, dan ujian-ujian. Alhasil, hampir satu bulan pertama bahan soca jarang disentuh, walapun udah dikumpulin. Setelah modul terakhir beres, barulah rebut semua, mulai bikin jadwal belajar bareng, mulai melengkapi bahan-bahan ujian yang ternyata masih banyak yang kurang lengkap, dan mulai stress dengan waktu yang ternyata cepet banget berputarnya. Akhirnya masa kritis ini dimulai, kritis dengan semakin mendekatnya waktu ujian, dan pemikiran kritis ‘kenapa begitu kenapa begini’ selalu ngendon di kepala. Pokoknya bentar lagi masuk ICU deh, hahhahaa
Nah, sekitar 3 minggu sebelum ujian ini kebersamaan kami bener-bener deh. Tiap hari belajar bareng bersembilan, dari jam 8 pagi sampai magrib. Pokoknya nemenin bapak-bapak otorita kampus deh =). Tiap hari membahas kasus, ngejar dosen, nyari bahan di perpustakaan, latihan presentasi, dan solat bareng, hehehee…. Tempat belajarpun g pernah stay di satu tempat. Kadang di ruang parlemen, kadang di ruang BEM, ruang satgas, perpustakaan, depan kelas, lobby kampus bahkan foodcourt mall taman anggrek ‘LOL’.
Sampai akhirnya H-3, kami denger kabar salah satu dari anggota kelompok TK kami (demi menyingkirkan keengganan dengan kata belajar, kami ganti kata itu dengan kata TK atau taman kanak-kanak lengkap dengan figure guru, murid, kepala yayasan, kepala sekolah, dan guru BP. Penamaan ini juga dikarenakan kelakuan anggota kelompoknya yg emang kayak anak-anak, dikit-dikit becanda mulu) g bisa ikut soca karena ternyata ada satu modul yang belum bisa lulus. Sedih banget rasanya. Udah hampir 2 bulan belajar bareng, dimana dunia makit sempit karena ketemunya ya sama orang-orang itu aja, akhirnya mau gak mau sepertinya ada ikatan tak kasat mata yang saling melilit di antara kami. Berasa saudara gituuu… =)
Senin, 8 Maret 2010
Akhirnya jadwal ujian dibagikan. Saya, fira, sama ucha dapat giliran hari pertama, sedangkan bayu, Mario, mothy dam cunny dapet hari ke dua. Sesuai dengan keinginan saya sih, saya pengen aja dapat hari pertama. Biar cepet ujian, cepet kelar juga deg-degannya. Abis liat jadwal langsung saya ngendon di perpus, belajar lagi. Huwahhh…. Rasanya waktu berputar cepeeeet banget. Malemnya di kosan juga gitu. Dibantu sama cunney, saya belajar prsentasi. Sampe suara serak. Tapi gpp lah. Namanya juga usaha, ikhtiar.
Selasa, 9 Maret 2010
Jam 9 pagi saya udah berangkat ke kampus. Ujian saya sih jam 11, tapi saya sudah g betah di kosan. Daripada saya deg-degan, mending ke kampus aja rame-rame sama temen. Dan dikampus juga sudah ada pom-pom girls privat!!! Ada mimi, tia, dina, spica, dan echi… whoaaa…. Sayang banget sama mereka yang udah bela-belain dating ke kampus buat nyemangatin kita!!
Jam 10.15 kami dipanggil buat daftar ulang, ambil undian dan masuk ruang karantina. Saya dapat nomer ruangan 3, tanpa tau bakal dapet kasus apa. Setelah itu kami disuruh belajar lagi. Duh, ngapain aja saya bingung. Udah g konsen sama sekaliiii!!! Akhirnya pas jam 10.30 kami dibagiin kasusnya, sesuai dengan nomor undian yang tadi diambil. Jeeeng jeeeng… saya dapat gout!!! Langsung deh dibaca-baca lagi soalnya, dibaca-baca lagi rangkumannya. Dan tetep aja deg-degan di hati. Siapa yang bakal jadi dosen penguji saya ya??? 10 menit sebelum masuk, kami udah g boleh baca lagi. Persiapan di dekat pintu masuk ruang KKD. Nunggu anak-anak yang ujian sebelum saya keluar. Akhirnya tepat 5 menit sebelum jam 11 kami udah ada di depan ruangan masing-masing. Nunggu sambil baca-baca doa. Gak banget deh pokoknya. Deg-degan mampus!!
Pas saya buka pintu ruangan, kyaaaaa!!! Dokter Nuri yang nguji saya!! Wow…. Beliau baik sih, pinter pula. Tapi terkenal detail banget!! Ini dia yang saya takutkan. Takiut presentasi saya kurang bagus dan kurang memuaskan buat beliau. Tapi pas saya liat disebelahnya, ada dr. Lita Alhamdulillah, berasa ada oase di gurun pasir. =)
Langsung saja saya mulai presentasi saya. Dengan agak tersendat-sedat akhirmya setengah jam lewat juga. Pas ditanya saya mau nambahin apa, saya sampe bingung. Perasaan sudah saya sebutin semua. Tapi pas saya liat, booooo…. Check listnya ada 3 lembar!! Buanyuaaak buanguet!!!detail sekaliiiii…. Mulai dari analisa kasusnya, etiologinya, patofnya yang ‘hoek’ banyak dan sangat biokim itu!!! Pas selesai presentasi dan nunggu diluar. Perasaan saya udah parah bgt deh!! Deg-degan takut gila. Gimana kalo nilai saya g sampe 80 (B)?? gimana kl saya musti ngulang?? Sanggup g saya belajar dan deg-degan lagi?? Gak sanggup rasanya. Tuhaan, rasanya saya udah jelaskan apa yang saya tau, sejelas-jelasnya. Tapi sepertinya dr. Nuri kok agak gimanaaa gitu. Takut deh kl sampe g lulus. Akhirnya sya dipanggil masuk. Dr Nuri lg keluar, ada urusan katanya, jadi tinggal dr Lita aja yang ada di dalem. Pas dtanya sam beliau gimana perasaan saya, duh sambil melas saya bilang kl saya deg-degan abis!!! Dan pas dibilang lulus…. Gilaaaaa!! Legaaa banget perasaan saya!! Rasanya ada beban 1 ton terangkat dr pundak =) gak pake lama, saya bilang makasih sm dokter Lita dan cium tangan. Bodo amat deh, saya bahagiaaaa, makasih banget juga buat dr. Nuri yang juga sangat baik hati (ujian presentasi Inggris 3 saya juga sama beliau, dan hasilnya ‘very good presentation’ thank you soooo much Doc :*)
Setalah itu keluar dari ruangan langkah saya jg ringan banget!! Sambil melambai-lambaikan senyum kemenangan saya kepada teman-teman di lantai 1, saya lari naik tangga. Peluk sana sini. Cium pipi kiri kanan, dan bilang makasih… baru deh konfrensi pers. Bagi-bagi ilmu dan pengalaman sama temen-temen yang bakal ujian besoknya. Telpon mama juga, kabar bahagia ini harus segera sampai ke rumah! Yang heboh, pas saya buka twitter. Banyak banget mention dari teman-teman saya, ntah nanyain kabar ujian ataupun member selamat atas kelulusan saya. Dan yang bikin saya g nyangka, dr. Lita juga ngetweet buat saya. Menyelamati saya…. *terharuuuu*
Hmmmmm…. Pengalaman yang g terlupakan.
Nah, mungkin bagi beberapa teman saya, SOCA bukanlah suatu yang seberat ini. Karena itu tadi, perbedaan system pengajaran. Maka dari itu saya buatlah tulisan tentang ini. Saya g mau aja dibilang lebay, Cuma gara-gara soca aja sok-sokan belajar. Karena buat mahasiswa FK Trisakti, SOCA emang salah satu ujian yang menyeramkan selain OSCE dan ujian Kompetensi Dokter nanti. Di kampus saya, kalo gagal 2 kali, g bisa ikut Skill lab, harus ngulang semester depan, which means lo sia-siain waktu 6 bulan lagi dan g bisa barengan sama temen-temen seangkatan. Karena ada beberapa universitas lain yang standar kelulusan SOCA-nya C, itupun bisa diulang juga. Ditempat saya, standart lulusnya harus B, dimana B ini adalah nilai 80.. hiksss.. jadi saya gak maulah dikira agak berlebihan dalam menempuh ujian kali ini. Karena memang butuh banyak perjuangan dan pengorbanan buat melaluinya
Akhirnya sekarang saya sudah KKD (Kompetensi Klinis Dasar), sudah mau masuk stase ke-3 pula. Minggu depan saya masuk stase Anak… Alhamdulillah, selama ini saya bisa melaluinya, dan dengan standart lulus yang sama. Nilai minimal 80 =)

Well, doakan juga ya teman-teman. Semoga perjalanan saya mengejar cita-cita ini bisa lancar. Semakin dekat dengan gelar S.Ked dan (soon) Dokter. Akhirnya akan bisa membahagiakan dan membuat bangga keluarga, sahabat dan orang-orang disekitar saya. Amiin……


Dedicated to:
my beloved "TK" : Putri, Ucha, Mothy, Fira, Bayu, Mario, Zae, and Koko Rudy
=) =) =)

Tidak ada komentar: