Rabu, 13 Agustus 2014

KADO

Dalam setahun ini, ada tiga teman dekat saya yang menikah. (Ya ampun cyin, ntar barengan juga punya anak yee..) + ada satu yang lahiran. Dan karena berempat ini adalah temen satu geng, agaknya aneh dan ga enak juga kalo mau ngasih angpao. Mungkin sebenernya pengantennya mah seneng-seneng aja ya dikasih mentahan, tapi berhubung total mentahannya ga seberapa (siapa suruh kawin barengan giniiii? Kan dompet langsung teriak-teriak keabisan napas! Plus, berapa lah jumlah gaji kami ini..), daripada angpao kami cuma jadi angin lalu dan ngotor-ngotorin dompet jadilah kami putuskan buat ngasih barang aja yaa...

Seperti selayaknya temen yang temen deketnya nikahan, kami juga melewati fase bikin grup bbm, ngumpulin duit dan saut-sautan ngasih ide buat kado. Judulnya doang saut-sautan ya. Kenyataannya cuma ada beberapa item yang muncul. Darling i told ya, susah neyk nyari kado yang sesuai (dengan acara dan budget!). Nyari tau sana-sini, browsing dulu..

Sampai akhirnya nekat aja nanya ke capeng sama ibu baru melahirkan ini, "Lo lagi butuh barang apa? Lo lagi pengen barang apa? Lo belum punya barang apa?"
Yang di jawab dengan:
"Hmmmm, apaa ya yang gw belum punya"
"Gw kasih tau aja yang barang-barang udah ada deh.."
atau yang ngehe
"Aduh, gw udah ga tau gw butuh barang apa, gimana kalo lo kasih tau kira-kira gw butuhnya apa?" 

Kadang pengen punya tradisi kayak orang-orang barat, bikin list di toko, temen-temennya tinggal datang sambil beliin barang yang ada di list. Temen ga bingung, yang punya list juga dapet barang yang mereka mau. Jadinya emang ga ada element of surprise-nya sih..

Setelah melalui keribetan nyari kado, saya punya beberapa list yang bisa jadi masukan buat ngasih kado ke temen (atau ke akyu sendiri)

1. Emas atau perhiasan
Kenapa saya masukin ke list no. 1? Karena selain menunjukkan betapa murah hatinya pemberi, si barang mulia ini bisa dijadikan investasi. Kalo saya pribadi lebih suka berbentuk perhiasan yah, jadi bisa dipake. Ga ngendon di safe deposit box. Tapi ga nolah juga kalo dikasih LM, dinar, berlian sertifikat GIA, (maunyaaaa….)

2. Voucher hotel atau spa
Meskipun saya belum kawin atau beranak, saya sih yakin ya ini juga akan berguna. Tapi agak tricky sih. Kalo mau kasih voucher hotel di Bali contohnya, eh si penganten kagak hanimun di Bali, gimana dongdong? Caranya sih beli voucher yang expirednya lama, siapa tau temen emang doyan ke Bali tiap bulan. Jadi kepake deh. Kalo voucher spa sih lebih fleksibel ya, buat ibu baru melahirkan bisa, buat mbak abis capek kawin dan dikawinin jg bisa. Kebayang kan ngerasaain kontraksi berjam-jam, atau ikutan acara prosesi ada berhari-hari. Meskipun badan udah disiapin jauh-jauh hari, tetep aja endingnya capek. Nah, berleyeh-leyeh ria setelah kegiatan yang menguras energy pasti asoy tuh
Satu lagi, yang ini buat ibu melahirkan. Biasanya kadonya lebih focus ke baby yah. Mau baju atau mainan. Nah si ibu jadi terlupakan. Padahal yang temen kita ya si ibu ini yak. Si bayi sih otomatissss jd keluarga ya, tp kan alangkah baiknya kita ga melupakan si emak yang abis ngeden-ngeden ini…

3. Peralatan Rumah Tangga
Ada banyak alat rumah tangga yang bisa kita kasih. Dan ini tergantung banyak hal. Yang abis kawin langsung tinggal sendiri apa masih sama mertua? Yang abis kawin doyan masak apa beberes doang? Standar yang biasanya diberi sih alat makan, perlengkapan tempat tidur, alat dapur dll. (aku mau dong dapet 1 set dapur Modena… aaawww)

4. Lukisan atau foto
Saya dari dulu pengen banget kasih temen kado yang intimate kaya gini. Bikin karikatur kek atau lukisan dari foto. Sayangnya dulu susah cari seniman karikatur. Nemu di deket pasar baru sana, dan maghaaallll. Ga masuk sama kantong anak kuliahan yang kadang makan mie diakhir bulan. Nah, akhir-akhir ini ada banyak yang jual jasa lukis atau bikin karikatur di internet. Dan harganya terjangkau pula!

5. Kain Sarimbit
Tau artinya sarimbit? Hehehe ini bahasa jawa artinya sepasang. Keluarga baru kan biasanya pengen tuh punya seragaman bareng cumami dan anaknya. Ga ada salahnya beliin deh kain yang bisa dipake barengan gini. Bisa berupa kain (jahitnya gimana? Jahit sendiri laaaahhhhh) atau udah jadi. Insyallah kepake, hihihihiii


eh, Cuma dapet 5 toh ternyata. Padahal niatnya mau nulis banyak, tapi kayanya itu udah disatuin sih.
Dan saya ga masukin ke list yang macem : lingerie (ini dipakenya jarang-jarang kan? Dan kebanyakan capeng-capeng gitu udah dapet kado dari yang lain. Ntar kebanyakan? Belum lagi kalo capengnya niat, udah belanja banyak duluan…), uang (gapapa sih ini, pasti kepake juga. Tapi kl uangnya abis, historisnya juga ilang? Aku cedih…), rumah, mobil (ini ga masuk banget sih kalo buat kado dengan budget saya dan kawan-kawan, tapi ga menutup kemungkinan loh kalo ada yang mau ngasih. Monggo, kalo bingung mau kasih ke siapa, kasih ke saya aja! Langsung diterima tanpa banyak Tanya…)


Tidak ada komentar: